Peralatan untuk Foto Landscape

Sebagian kalangan fotografer ada yang mengatakan bahwa fotografi landscape cukuplah rumit untuk ditekuni, namun sebagian yang lain mengatakan bahwa ini adalah pekerjaan yang tidak rumit dan sangat menyenangkan bagi mereka yang mencintai vista/pemandangan. Tentunya untuk melakukan pekerjaan ini ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan sebelum anda melakukan pemotretan. Beberapa perlatan tersebut adalah :

1.    Dapatkan Foto Tajam Dengan Tripod


Tripod berfungsi untuk menghindari goyangan-goyangan saat anda sedang memotret dan berharap hasil foto yang tajam/sharp. Kualitas tripod memungkinkan anda mendapatkan gambar yang dengan ketajaman yang berkualitas. Ditoko-toko fotografi kita bisa mendapatkan berbagai jenis tripod dan berbagai pula harga yang ditawarkan dan yang kadang membuat kita bertanya “Hey Tripod Mana yang Handal dan Terjangkau.? Tentunya pertanyaan ini akan ada selalu dalam benak kita saat pertama kali anda membeli alat ini.

Harga Tidak Pernah Menipu

Untuk mendapatkan gambar yang tajam seperti para fotografer professional dibutuhkanlah suatu trik, yaitu memotret diatas tripod, tugas utama tripod adalah untuk menjaga kamera agar tetap stabil dan mantab. Tetapi tidak semua tripod memiliki kualitas yang sama. Harga memang tidak pernah menipu, adapun yang mengatakan “Kualitas tripod murah tidak membuat gambar anda semantap yang anda harapkan” itulah salah satu alasan mengapa harganya murah.

Ballhead Tripod


Saat anda membeli tripod dengan kualitas Pro, anda hanya akan mendapatkan tripodnya saja tanpa ballhead yang terpasang pada tripodnya. Tidak seperti tripod dengan harga yang murah yang sudah terpasang ballhead pada tripodnya. Jadi anda harus membeli ballhead secara terpisah. Anda akan sangat jatuh cinta dengan ini karena kualitas ballhead yang tidak murah akan membuat anda merasakan kenikmatannya yang begitu luar biasa, anda akan sangat mudah memosisikan kamera secara akurat, dan hebatnya ballhead ini akan mengunci kamera anda dengan mantab sehingga kamera anda tidak mudah tergelicir setelah anda menentukan ambilan gambar anda.

2.    Kabel Rilis


Setelah kita mengetahui cara mendapatkan gambar yang tajam dengan tripod kualitas-pro, namun ini kurang lengkap tanpa adanya kabel rilis. Percaya atau tidak, saat anda menekan tombol shutter, kamera akan mengakibatkan goyangan sedikit dan akibatnya anda akan kehilangan foto yang tajam. Maka dari itu kita membutuhkan kabel rilis sebagai pelengkapnya. Saat ini sudah banyak di toko-toko yang menjual kabel rilis nirkable (tanpa kabel) yang harganya relative murah. Dan akhirnya anda akan mendapatkan foto lebih dari sekedar lumayan tajam.

Manfaatkanlah Self-Timer


Jika anda tidak ingin repot – repot mengeluarkan dana untuk membeli kabel rilis, maka gunakanlah self-timer yang terdapat pada kamera. Anda memotret tanpa menyentuh tombol shutter dan anda akan mendapatkan foto yang tajam. Anda tinggal mengatur self-timer yang ada pada kamera anda.

3.    Siapkan Uang Untuk Membeli Lensa Wide Angle


Dengan lensa wide angle memungkinkan anda mendaptkan gambar dengan cakupan yang luas. seringkali kita dikecewakan oleh hasil bidikan kita saat memotret pemandangan, karena apa yang kita lihat tidak serupa dengan hasil bidikan, jika anda menginginkan gambar pemandangan keseluruhan maka belilah lensa super wide angle (sekitar 12mm) untuk mendapatkan keindahan alamnya.

4.    Filter


Dalam dunia fotografi, alat ini adalah sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Alat ini berguna untuk menambah efek-efek tertentu yang dihasilkan dari filter tertentu.

Macam-Macam Filter

1.    Filter UV/ Ultraviolet
Untuk menyaring sinar ultraviolet yang sering dipergunakan dalam pemotretan landscape. Selain itu, filter ini juga berfungsi untuk melindungi lensa dari benturan maupun goresan.

2.    Filter CPL/ Circular Polarizing Filters
Filter ini wajib dimiliki oleh seorang fotografer. Gunanya untuk "mengendalikan" refleksi pada permukaan benda seperti kaca (bukan cermin) dan air. Selain itu, filter ini juga dapat meningkatkan kepekatan warna terutama warna biru pada langit.

3.    Filter ND/ Neutral Density
Filter ini juga wajib dimiliki seorang fotografer landscape. Fungsinya untuk menghambat cahaya yang terlalu kuat. Tanpa filter ini, seorang fotografer tidak dapat menciptakan efek "kapas" pada pemotretan air yang bergerak di siang hari yang terang benderang, misalnya air terjun atau ombak di antara bebatuan.

4.    Graduated ND Filter
Filter gradasi untuk menyeimbangkan eksposur langit dan permukaan bumi, di mana eksposur di langit terlalu terang sedangkan di bumi terlalu gelap. Cara penggunaannya ialah. bagian gelap pada filter di posisi atas guna menghambat cahaya di bagian langit.

Di era kamera film, filter ini menjadi kebanggaan para fotografer landscape, namun dengan adanya software seperti Photoshop, fotografer yang telah menguasai software lebih senang menggunakan filter di Photoshop karena selain lebih fleksible, hasilnya juga lebih hebat.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Publishing Strangergraph - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger