Tips Fotografi MacroMax (Macro Maximal)

So, kali ini gue iseng - iseng nulis tentang fotografi untuk menuhin postingan di blog gue, kali ini gue akan bahas fotografi macro. omong - omong judul postingan ini memang tidak semurah isi potingannya.
Fotografi macro merupakan salah satu genre dalam fotografi, pada awalnya fotografi macro digunakan oleh kalangan sainstis untuk melakukan penelitian pada serangga-serangga. Hingga akhirnya menjadi salah satu genre dalam fotografi.

Fotografi macro adalah suatu aktifitas memotret dengan jarak yang dekat dengan mengambil gambar hampir memenuhi bidang secara keseluruhan, fotografi macro tidak hanya memotret serangga-serangga saja, tapi anda juga bisa memotret yang lainnya seperti tumbuh-tumbuhan, bunga, buah dll.

a.    Gunakanlah Lensa Macro untuk mendapatkan hasil yang optimal

Memang benar pencinta fotografi macro tidak selamanya harus memiliki lensa khusus untuk macro. Jika anda bertanya-tanya kepada diri anda sendiri “Rahasia apakah untuk mendapatkan foto yang menakjubkan.?” Sudah tentu jawabannya tiada dua, yakni Lensa Macro. Lensa khusus ini mempunyai DOF (dept-of-field) yang sangat dangkal, jadi ketika anda memotret bunga (misalnya) maka anda akan mendapatkan background yang out of focus dan foreground yang focus. Dan jangan lupa untuk menggunakan tripod saat anda ingin memotret

b.    Jika tidak mampu, maka belilah Filter Zoom

Ini adalah solusi bagi anda untuk mencari jalan keluar ketika anda sedang belum mempunyai cukup uang untuk membeli lensa macro yang harganya sangat mahal itu. Filter close-up adalah solusi untuk anda. Anda bisa membelinya ditoko-toko fotografi dengan harga seperempat lebih murah. Filter ini tidak berbeda dengan filter lainnya, hanya lebih tebal dari pada filter lainnya. Bentuknyapun fleksibel dan dapat dipasangkan dengan camera canon & nikon, yang menjadi kelebihannya adalah harganya sangat terjangkau namun untuk mendapatkan hasil yang baik anda harus membelinya yang berkualitas.

c)    Ciptakan Hujan Bohongan

Mungkin ini akan membuat anda sedikit menggelitik dengan trik ini, yaitu kita menciptakan hujan bohongan dengan suatu trik tertentu. Yaitu dengan cara mengambil botol semprotan air dan isilah air kedalam botol lalu semprotlah pada bunga beberapa kali percikan semprotan. jangan khawatir, anda tidak akan pernah ketauan oleh siapaun kalo anda telah merekayasa foregroundnya karena tidak ada satupun orang bisa mengetahui “apakah ini hujan asli atau tidak”. Cukup mudah sekalikan.?

d)    Trik Dasar Rekayasa Background

Disini kami akan mulai dulu dengan membahas dengan background putih, jika anda ingin memotret suatu object dengan latar belakang bewarna putih, maka ambillah kertas putih polos. Cukup satu lembar dan tempatkan pada backgroundnya, maka anda akan mendapatkan background yang bewarna putih, namun anda bisa mengexplore dengan warna-warna lain sesuka anda. Misal anda ingin background dengan warna hitam, anda bisa menggunakan kertas carton yang banyak dijual ditoko-toko atau anda bisa membeli kain beladu sepanjang 1 meter dan letakanlah dibelakang object tersebut.

Namun anda harus ingat ketika anda ingin memotret dengan warna background hitam, anda harus mengatur jarak beberapa meter antara foreground dan background sehingga anda akan mendapatkan warna yang sangat hitam, begitupun dengan warna-warna lainnya.

(Berbagai Sumber)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Publishing Strangergraph - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger