Yang di Pelajari didunia perFilmn – Kelas Singkat

Bagi gue dunia perfilmn adalah pekerjaan yang melelahkan, merepotkan, proses yang memakan waktu dsb tapi itu semua akan terbayar lunas apabila film yang diproduksi telah masuk bagian finishing. Bagi para sineas – sineas muda dan juga yang sudah tingkat veteran (kawakan) hal ini jelas bahwa pekerjaan ini memberikan sensasi – sensai yang sangat menyenangkan juga memuaskan. Mungkin gue sedikit berlebihan mengatakannya.

So, bagi anda yang ingin terjun dalam dunia perfilm atau hanya ingin sekedar tau tentang dunia perfilmn ..gue rasa article ini cukup memberikan refrensi untuk anda. Disini gue akan bahas dengan sangat singkat dan selebihnya anda bisa mencari refrensi lainnya ..baik dari buku maupun terjun langsung kelapangan.

1.    Penulisan Naskah / Skenario Film

Naskah adalah bagian yang paling utama sebelum memulai sebuah produksi film. Naskah film merupakan salah satu karya sastra yang memiliki kesamaan struktur dengan drama. Cerita daam naskah biasa diangkat dari kisah nyata, novel, cerpen dsb. Pembuatan naskah haruslah dibuat secara sporadis dan matang agar bisa mendapatkan film yang berkualitas.

Anda bisa menulis naskah dengan mudah ..gue merekomendasikan untuk anda memakai software Adobe Story CC. Harganya memang cukup mahal ..tapi dengan software itu anda bisa membuat naskah dengan mudah.

2.    Tata Cahaya

Penataan cahaya adalah seni pengaturan cahaya dengan peralatan lighting agar kamera video mampu melihat object yang jelas. Fungsi lainnya adalah memisahkan antara object dengan background, menciptakan suasana khusus yang sesuai tuntutan produksi film.

3.    Tata Artistik / Art Departement

Perancang tata artistik adalah seorang profesional dibidang perancangan tata rtistik yang bertugas merencanakan dan membuat gambar-gambar desain yang memenuhi standar estetika untuk sebuah produksi film. Bertanggungjawab dalam menciptakan look dan style dari sebuah film. Mengkoordinir seluruh profesional bidang tata artistik dan bekerja sangat dekat dengan sutradara.

Dengan pengetahuannya tentang arsitektur, warna, periode, lokasi, desain, set, seorang production designer menciptakan nuansa, atmosfir dan gaya untuk membangkitkan emosi dari keinginan sutradara.

Dalam bidang ini Tidak hanya berbicara tentang set design film dilokasi shooting, disini juga mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan itu seperti Make-Up dan juga Wardrobe.

4.    Teknik Kamera / Direct Of Photography

Teknik kamera adalah hal yang mutlak untuk dipelajari untuk mencapai ambilan gambar yang baik, penguasaan terhadap perangkat kamera merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, seperti kekurangan dan kelebihan perangkat kamera.

5.    Editing Film / Editor

Ini adalah materi yang sangat pentig dalam produksi film, editing film adalah bagian akhir setelah proses shooting telah dilakukan. Semua stockshoot gambar dari proses shooting akan di olah lebih lanjut dan menjadi sebuah film yang utuh.

6.    Penyutradaraan / Director

Pendidikan penyutradaraan adalah pendidikan yang cukup banyak diminati disebagian besar orang yang berkecimpung dalam dunia broadcasting. Tapi mengingat bahwa ini bukanlah pekerjaan yang mudah diantara mereka lebih memilih bidang lainnya. Beda halnya dengan seorang aktor, seorang sutradara haruslah mempunyai 700 pengetahuan dan sedangkan aktor hanya 7 pengetahuan.

Pada dasarnya seorang Sutradara menduduki posisi tertinggi, dia menyangkut dalam berbagai aspek seperti casting, dan mengarahkan seorang aktor baik saat casting maupun saat proses shooting. Dan dia bertanggung jawab dari awal produksi film sampai bagian akhir produksi, seperti bagian editing film.

7.    Tata Suara / Sound Director

Dalam bidang ini meliputi tentang pengetauan perekaman (recording), Mixing, dsb dengan menggunakan berbagai peralatan untuk pembuatan film.

8.    Manajemen Produksi

Manajemen Produksi adalah semua aktivitas/proses untuk mewujudkan suatu produk sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Proses manajemen ini berlaku POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) Yang diartikan : Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan.

Refrensi : 

1.    http://www.filmpelajar.com/

Perana Luar : 

1.    http://www.filmpelajar.com/tutorial/7-bidang-utama-dalam-produksi-film
2.    https://dikiumbara.wordpress.com/
3.    http://www.academia.edu/8030863/MANAJEMEN_PRODUKSI_FILM_Pengantar_
4.    http://vitapasaribu.files.wordpress.com/2013/08/editing-audiovisual-dasar-dasar-tata-suara.pdf
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Publishing Strangergraph - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger